Sabtu, 02 April 2016

Mengurus Visa Irlandia (Republic of Ireland)



Hii bloggers,

I'm back!!! Setelah berbagi cara mengurus visa Kanada, visa UK, work permit Kanada, sekarang gw mau berbagi info bagaimana mengurus visa Irlandia (Ireland).

Visa ke Irlandia = Gratis !! No fee 😀😀😀

Kayaknya jarang disini yang post tentang Republik Irlandia. Saya mau bagi info tentang membuat visa Irlandia. Perlu diingat:
1. Visa ini untuk masuk ke wilayah Republik Irlandia dengan ibukota DUBLIN dan BUKAN Northern Ireland atau Irlandia Utara dengan ibukota BELFAST.
2. Irlandia tidak termasuk dalam Visa Schengen.

Sering saya liat pertanyaan tentang apakah visa UK bisa digunakan untuk visit ke Dublin? Jawabannya Tidak. UK Visa hanya mencakup wilayah Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara (Belfast). Oktober lalu saya trip ke UK dan Irlandia tetep harus pake 2 VISA (Kecuali ada pengecualian lain). Dan biasanya, kalau ada visa UK atau US di passport kemungkinan visa Irlandia nya ditolak kecil sekali.

Jadi kalo temen-temen ada yang dalam waktu dekat rencana mau visit UK, coba sekalian aja mampir ke Irlandia karena pemandangan alam Irlandia cantik sekali. Banyak tempat wisata yang harus dikunjungin kayak : Cliff of Moher, Blarney Castle, Rock of Cashel, Dingle Peninsula dan mengunjungi tenpat pembuatan Bir Guinness.

Syarat-syarat untuk membuat Visa Irlandia adalah :

(Semua dalam Bahasa Inggris)
1. Mengisi form aplikasi visa ONLINE silahkan di buka : https://www.dfa.ie/irish-embassy/indonesia/#sthash.YiP8Lvnq.dpuf

2. Pas photo terbaru dan berwarna ukuran passport 2 lembar.

3. Surat keterangan (lengkap dengan full contact detail seperti alamat, no telp, tgl lahir) yang menyatakan :
- Tujuan ke Irlandia
- Berapa lama akan stay di Irlandia
- Akan tinggal dimana
- Berjanji bahwa akan mematuhi segala peraturan selama di Irlandia dan akan meninggalkan Irlandia tepat waktu dan tidak Overstay.
Ps : Jangan lupa di tanda tangani

4. Bukti bookingan akomodasi selama tinggal di Irlandia dan bookingan return flight.

5. Bukti keuangan yang menyatakan kamu punya cukup dana untuk berkunjung ke Irlandia berupa Bank Statement, buku tabungan sejak 6 bulan terakhir (di stamp Bank ya) di websitenya mereka bilang mereka ga terima print out Internet Banking.

Kalau orang lain mensponsori perjalanan kamu ke Irlandia, kamu harus melampirkan Bank Statement sponsor tersebut dan menjelaskan hubungan antara kamu dan si sponsor.

6. Bukti bahwa kamu akan kembali ke negara tempat tinggal kamu. Berupa :
- Surat keterangan kerja kalau kamu karyawan yang menyatakan bahwa kamu adalah karyawan di perusahaan tersebut dan akan pergi liburan, dan juga 3 slip gaji terakhir.
- Surat keterangan mahasiswa kalau kamu masih mahasiswa dari Kampus yang bersangkutan.

7. Surat keterangan menikah bagi yang sudah menikah, KK, Akte lahir.

8. Travel Insurance

9. Previous visa refusals. Jadi kalo pernah ada visa yang ditolak dari negara manapun, dilampirkan juga sebabnya kenapa ditolak.

10. Passport yang masih berlaku dan foto copy full Passport lama (yang udah expired)

Monggo di cek http://www.inis.gov.ie/en/INIS/Pages/Visit%20Tourist

Masa Berlaku visa 3 Bulan dan Lama pengurusan Visa adalah 2-6 minggu tergantung Kedutaan.

Alamat Kedutaan Irlandia di Jakarta :

Embassy of Ireland
World Trade Centre 1
L-14
Jl.Jend. Sudirman kave 29-31
Jakarta 12920
Indonesia
Tel: +62 21 280 94300

Karena saya tinggal di Kanada, jadi saya apply melalui Kedutaan Irlandia yang ada di Ottawa, Kanada. Saya cuma harus bayar 15 dollar atau 150 ribu saja untuk biaya pos untuk kirim dokumen (return). Biaya visa bener-bener GRATIS untuk warga negara Indonesia.

Happy travelling ☺️☺️☺️🇮🇪🇮🇪





 

27 komentar:

  1. Hello,

    Terima kasih infonya.

    Tapi saya ada mau tanya untuk point 9, saya pernah ada visa ditolak dari US tapi ngga ada alasannya kenapa ditolak. Apakah itu harus dilampirkan juga?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Glad to help!

    Yes dilampirin juga ya. Lampirin aja kertas penolakan dr visa US nya.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. met aiang mb devi..maaf saya mau bantuan mb devi atas infonya visa...kalaw saya di sponsori pacar..apa saja persyaratan yg di minta dari pacar q mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya ya sama semua kaya yang udah aku tulis.

      Plus

      1. Surat keterangan dari pacarnya bahwa dia mengundang kamu untuk datang ke irlandia dan tinggal di rumahnya.

      2. Rekening bank Pacar jika dia yang mensponsori liburan kamu

      3. Foto copy Passport pacar

      4. Salah satu bill atas nama Pacar. Contoh : phone bill, credit card bill, dll.

      Hapus
  5. Met siang mbak devi... maaf saya mau minta bantuan mbak devi atas info visa...saya seorang janda yang tidak memiliki uang dan rekening tabungan. Dan saya di sponsori pacar. Dan rencananya akan menikah di Irlanda. Syarat apa saja yang saya perlukan untuk ke Irlandia?.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasinya mbak.
    Sukses selalu buat mbak Devi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba maaf ya baru bales.

      Untuk menikah, berati mba perlu apply C vis (visitor visa) . Dokumen yang dibutuhkan sudah saya tulis di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan cek ke http://www.inis.gov.ie/en/INIS/Pages/Irish%20Visa%20Information

      Hapus
  6. Makasi atas infonya..tapi tanya apa untuk mendapatkan visa harus ada sponsor dari irlandia? Atau harus ada sponsor dari perusahaan di indonesia..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Tergantung tujuan kamu ke Irlandia apa. Kalo tujuannya jalan2 dengan duit pribadi, tinggal lampirkan aja bookingan hotel kamu, surat ket kerja di Indonesia, slip gaji, bank statement dll. Tapi kalo kamu diundang oleh seseorang di Irlandia, nah kamu harus lampirkan surat dari si pengudang

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Hi,


    Kita perlu melampirkan dokumen Akta lahir asli kah? (Karena fisik dokumen tersebut saat ini sedang tidak di saya). Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto kopinya. Tp bukti asli ditunjukin di embassynya.

      Hapus
  9. Maaf mba Devi, klw sya ga pnya pekejaan, bisa ga sya apply visa ireland?

    BalasHapus
  10. Hallo Mbak Devi...
    Untuk Bank Statement nya apakah ada persyaratan jumlah minimum yang harus dimiliki selama 6 bulan terakhir?? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, maaf ya baru bales. Aku jarang buka blog. Ga ada minimum jumlah dana kok, yang penting cukup untuk pergi liburan ke Irlandia dan kembali lagi ke Indonesia ;)

      Hapus
  11. Kak mau tanya. Saya punya itinerary trip ke UK plus Ireland di waktu yg bersamaan. UK nya saya explore hampir semua (London, Scotland, Wales(masih 50:50) dan Northen Ireland) Tp nanti dr N.I saya mau lanjut ke Ireland (dublin) jadi Visa nya harus buat UK & Ireland jg ya?

    BalasHapus
  12. Hi !

    Yes harus buat visa Ireland. Nanti begitu udah dpt visa UK, langsung urus visa Irelandnya no Fee alias gratis tis. Kayaknya psti di approve kalo punya visa Uk :)

    Anyway, kudu wajib ke Wales terutama ke Cardiff, such a beautiful city.

    BalasHapus
  13. Pagi mbak... saya mau tanya,apa benar dalam pembuatan visa Ireland sangat susah ya bagi orang yang pertama kali pergi keluar negri? Disamping berapa bulan lama maksimalnya bisa tinggal dengan undangan sponsor? Dan apa mbak bisa merekomendasikan relasi mbak yang bisa membantu saya untuk mengurus mendapatkan visa Ireland?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak ya mbak.
    Sukses selalu untuk mbak.

    BalasHapus
  14. Hi Mas Rey,

    Kalo susah/gampangnya untuk yang pertama kali keluar negeri, saya kurang paham, karena saat apply visa Irlandia saya punya visa UK & Canada. Tapi ada beberapa tmn yang baru pertama kali ke Luar negeri, dapet visa Irlandianya karena punya pasangan orang Irlandia. Jadi pertanyaan mas saya nda bisa jawab pasti karena takut salah. Kecuali mas punya sponsor di Irlandia yang mengundang mas untuk kesana berkunjung, silahkan lampirkan semua surat sponsor dari teman di irlandia, bank statement temennya, surat keterangan kerja temennya, dan smua dokumen mas yang harus di lengkapi. Saya ga ada relasi untuk mengurus visa, karena saya apply visa Ireland sendiri tanpa bantuan orang lain.

    Maksimum tinggal di Irlandia adalah 3 bulan abis itu harus keluar dari Irlandia.

    BalasHapus
  15. Sebelumnya makasih ya mbak sudah balas pertanyaan saya.
    Saya mau nanya lagi mbak, saya diundang ke irlandia dengan sponsor teman dekat bisa dibilang calon suami. kami kenalan di situs kencan sudah 9 bulan dan belum pernah bertemu sama sekali. Saya sudah akrab dengan keluarga besar calon saya ini via whatsapp dan sering mengirim saya uang.dan mereka mengundang saya datang ke Ireland. Yang mau saya tanyakan sama mbak, apakah saya bisa mendapatkan visa Ireland dengan berbekalkan perkenalan situs kencan? Karna katanya bagi orang yang pertama kali pergi keluar negri, akan diberi pertanyaan yang sangat rumit, apakah hal itu benar mbak?
    saya benar benar tidak mengerti sama sekali dalam pengurusan visa Ireland. Saya mohon bantuan mbak sekali lagi. Terima kasih banyak ya mbak
    Sukses selalu buat mbak.

    BalasHapus
  16. Hi Mba Rey,

    Sorry saya panggil mas di komen sebelumnya hehe.

    Baru kenal 9 bulan dan belom ketemu sama sekali kok udah bisa sebut calon suami? Hihihi kan belom tau orangnya seperti apa. Saran saya, jangan mba Rey yang ke Irlandia untuk samperin dia. Tapi dia yang ke Indonesia untuk menemui mba kalau dia memang serius untuk menjalin hubungan dengan mba. Kita kan belom tau orang tersebut seperti apa, kalo terjadi sesuatu yang buruk disana siapa yang akan membantu ?

    Talking on whatsapp is totally different with meeting in person. Saya aja yang udah 4 thn sama suami saya (kebetulan dia orang Irlandia juga) masih banyak salah pengertiannya kok. Apalagi yang baru kenal dan belom pernah ketemu :) jadi mba, menurut saya suruh pacarnya yang datang ke Indonesia.

    Lagipula embassy meminta bukti yang kuat tentang hubungan mba dan dia. Seperti melampirkan foto kalian berdua, tiket pesawat dia pernah ke Indonesia dll. Jadi kemungkinan besar ditolak kalau mba belom pernah ketemu dia dan ujug2 mau ke Irlandia.

    Cheers

    BalasHapus
  17. Dear mba Devinac. Sebelumnya salam kenal. Saya mau tanya mba, kalau misalnya saya disponsorosi oleh beasiswa Indonesia. Apakah cukup melampirkan Letter of Guarantee atau tetap diminta bank statement dari lembaganya?
    Thank you mba

    BalasHapus
  18. Hi Devi,

    Mau tanya waktu itu pengalaman kamu selesai visanya berapa lama? Kebetulan aku mau apply Visa di kedutaan Irlandia di Canberra Australia dan kata mereka passport harus ikut ditahan selama proses makanya agak worry kalau kelamaan selesainya. Thank you

    BalasHapus
  19. Hi, Kak Devi,
    Saya mau tanya dong. Kakak urus visa ny dari Kanada, terus dokumen ny di kirim ke kedutaan yang di Indonesia kah? Soalny saya kerja di Malaysia, dan kedutaan Irlandia di Malaysia men-charge saya RM 300 untuk pengurusan visa.

    Thanks!

    -iin

    BalasHapus
  20. personally this article is actually very interesting to see and read, many factors of knowledge that I can here, gladly if you can also see some of our articles here Syair Sgp thanks you very much

    BalasHapus